Tari Pagar Pengantin Palembang

Tuesday, March 8th 2016. | Tarian Sumatra
Jika anda ingin melakukan pemesanan silahkan hubungi kami di :
Telepon / SMS/ : 085950794215 (Setya)
WA Only: 085648120028

Tari Pagar Pengantin Palembang – Tarian ini berasal dari Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Tari ini biasanya ditampilkan saat resepsi pernikahan.
Tari Pagar Pengantin memiliki arti khusus, yaitu melambangkan perpisahan pengantin perempuan dari masa remaja, melepas masa lajang,  berpisah dengan teman-teman sepermainan serta tarian terakhir bagi mempelai puteri karena setelah itu tidak diperkenankan lagi menari di depan umum kecuali atas izin suami. Tindakannya tak bebas lagi. Ia sudah berada di lingkaran kehidupan rumah tangga yang direpresentasikan dengan dulang agung keemasan.Mempelai puteri menari diatas nampan atau dulang berlapis emas yang berisi bunga berwarna warni. Nampan tersebut mempunyai makna sebagai bunga teratai yang tidak tenggelam akan pasang surut gelombang. Mempelai penganin puteri dipakaikan tanggai dijari jemarinya agar jarinya lentik saat menari. Ini merupakan lambang kebersamaan.

Mempelai wanita menari diiringi oleh 4 orang penari pengiring. Tarian ini dilakukan didepan mempelai pria dan menggambarkan bahwa pengantin wanita tersebut hanya akan bertindak didalam dulang yang menunjukan bahwa wanita pengantin sekarang ruang geraknya terbatas karena sudah menikah. Hal ini mengambarkan bahwa sang pria siap menjaga sang istri setelah menikah.
Jika anda ingin melakukan pemesanan silahkan hubungi kami di :
Telepon / SMS/ : 085950794215 (Setya)
WA Only: 085648120028
tags: , , , , , ,