Tari Puspanjali

Monday, March 7th 2016. | Tarian Bali
Jika anda ingin melakukan pemesanan silahkan hubungi kami di :
Telepon / SMS/ : 085950794215 (Setya)
WA Only: 085648120028

puspanjali

Tari Puspanjali adalah sebuah tarian kreasi baru yang diciptakan oleh  N.L.N. Swasthi Wijaya Badem tahun 1989. Sejarah serta bagaimana gerakan dan keindahan tarian yang juga mendapat sentuhan dari I Nyoman Windha sebagai penata musik pengiring nya. Nama Puspanjali berasal dari dua kata yakni puspa dan anjali yang masing-masing memiliki arti bunga dan menghormati. Tarian ini sebagai tari penghormatan bagi para tamu. Dalam penggarapannya Swasti Wijaya tidak serta merta menyajikan koreografi puspanjali semata wayang, namun beliau juga menarik I Nyoman Windha yang tak lain merupakan seniman musik terkenal di daerah Bali kala itu sebagai penata musiknya. Kolaborasi dua seniman sejati tersebut melahirkan keindahan serta estetika seni tari yang cukup terkenal hingga saat ini.

Pada tahun 1989 terciptakan sebuah kesenian yang menampilkan gerakan gemulai yang kemudian diputuskan untuk dibawakan oleh kelompok remaja putri sebagai penarinya. Pada umumnya tarian yang mengedepankan keanggunan dari segi gerak dan musik ini dipertunjukkan oleh kelompok penari yang berjumlah lima hingga tujuh orang.

Sinopsis Gerakan

Gerakan tari puspanjali diawali dengan geleng kepala dan berjalan ditempat dengan kedua tangan penari berada di depan dada. Gerakan ini merupakan salah satu gerakan sebagai sambutan selamat datang bagi para tamu.

Gerakan memutar dan melenggok juga terlihat dalam pementasan tarian ini yang akan menambah keindahan serta menggambarkan keramah tamahan masyarakat Bali terhadap para tamu maupun wisatawan.

Jika anda ingin melakukan pemesanan silahkan hubungi kami di :
Telepon / SMS/ : 085950794215 (Setya)
WA Only: 085648120028
tags: , , , , ,